Comments

5 Operator Seluler yang ada di Indonesia

5 Operator Seluler yang ada di Indonesia – Di tahun 2021 ini, keberadaan pulsa dan kuota data bukan lagi hal yang asing di Indonesia bahkan di dunia. Karena hampir semua lapisan masyarakat menggunakannya dan membutuhkannya. Terlebih, di masa pandemi kini yang memanfaatkan pembelajaran jarak jauh atau berbasis online untuk menggantikan sistem belajar luring yang biasa dilakukan sebelum ada pandemi. Sehingga berbagai operator seluler pun berlomba-lomba memberikan paket kuota data yang memuaskan atau bahkan kuota promo khusus belajar. Namun, tahukah anda apa saja operator seluler yang kini berlaku di Indonesia? Simak ulasan berikut, ya.

Telkomsel

Telkomsel merupakan operator seluler di Indonesia yang diresmikan sejak tahun 1995 dengan nama perusahaan PT. Telkomunikasi Indonesia. Pada tahun tersebut, Telkomsel meluncurkan produk layanan pascabayarnya yang dinamakan kartuHalo. Kemudian pada tahun 1997, Telkomsel meluncurkan produk layanan prabayarnya yang dinamakan simPATI. Dimana simPATI tersebut merupakan kartu prabayar pertama di Asia. Hingga saat ini, Telkomsel sudah meluncurkan beberapa produk prabayar lainnya. Yaitu kartu As, Loop hingga By.U.

Smartfren

Smartfren merupakan operator seluler di Indonesia yang diresmikan sejak tahun 1993 dengan nama perusahaan PT. Radio Telepon Indonesia. Pada tahun 2003, nama tersebut diubah menjadi PT. Bakrie Telecom Tbk dan mulai meluncurkan produk Esia. Selama beberapa tahun, Smartfren sempat meluncurkan beberapa produk yang berbeda dan mengalami proses jatuh-bangkit. Hingga pada tahun 2011, nama perusahaan resmi diubah menjadi PT. Smartfren Telecom Tbk dan memiliki produk Smartfren yang masih berlaku sampai sekarang di Indonesia

Tri (3)

3 merupakan operator seluler di Indonesia yang dioperasikan oleh perusahaan PT. Hutchison 3 Indonesia. Selain di Indonesia, 3 juga hadir di Australia, Australia, Denmark, Hong Kong, Britania Raya, Irlandia, Italia dan Swedia. 

XL

XL merupakan operator seluler di Indonesia yang resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 1996 dengan nama perusahaan PT. Excelcomindo Pratama Tbk. Kemudian berubah nama menjadi PT. XL Axiata Tbk pada tahun 2009 setelah ditetapkan oleh RUPSLB. Pada tahun 2013, XL berhasil mengakuisisi operator Axis dan memiliki kesepakatan perjanjian jual beli bersyarat. Sampai saat ini, XL memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar (Prioritas).

Indosat Ooredoo

Indosat resmi didirikan pada tahun 1967 sebagai perusahaan penanaman modal asing yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional di Indonesia. Kemudian pada tahun 1995, Indosat mendirikan Telkomsel, perusahaan patungan bersama dengan PT. Telkom. Sedangkan peluncuran identitas baru sebagai Indosat Ooredoo baru tercapai pada tahun 2015.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel